Proses Print Laser

Proses pencetakan untuk printer laser jauh lebih kompleks. Tapi sebelum kita lakukan, mari kita lihat bagaimana printer laser berkomunikasi dengan komputer ketika Anda mengklik “OK untuk mencetak.

Komponen utama dari printer laser adalah sebagai berikut:

  • Unit Laser (Berisi Laser, Cermin, & Lensa) – Menggambar Gambar.
  • Photoreceptor (Drum) – Berisi gambar.
  • Charged Roller (Older Printers menggunakan Primary Corona Wire) – Mengisi drum.
  • Toner – Plastik, Bubuk Berpigmen.
  • Toner Hopper – Berisi Toner.
  • Majelis Pengembang – Unit yang menarik toner sehingga dapat ditransfer ke kertas.
  • Fuser (Heated Rollers) – Melelehkan tinta.

Printer laser menggunakan Bahasa Deskripsi Halaman (PDL) untuk berbicara dengan PC. Dua yang paling populer adalah Postscript ( dari Adobe) dan Printer Command Language (PCL dari Hewlett Packard) .Ini menggunakan vektor untuk mewakili tata letak halaman yang kemudian dikonversi ke gambar bitmap. Setelah itu, halaman diatur – margin diatur, teks diletakkan di tempat, dan apa pun yang berkaitan dengan halaman tertentu yang akan dicetak. Kemudian, Raster Image Processor (RIP) mengubah data halaman menjadi titik-titik, mentransfernya ke memori printer, dan pencetakan yang sebenarnya siap untuk dimulai.

Rol yang terisi daya (kawat korona pada printer yang lebih tua) bertanggung jawab untuk memberikan drum muatan positif atau negatif. Dalam penjelasan ini saya akan menggunakan muatan positif. Sinar laser menyala melalui cermin dan lensa yang bergerak dan menarik gambar untuk dicetak pada drum. Gambar ini diberi muatan negatif. Selanjutnya, toner yang diisi positif diterapkan ke gambar. Toner terletak dalam wadah yang disebut toner hopper. Pengembang adalah serangkaian manik-manik bermuatan negatif pada rol pengembang yang menarik toner saat rol memindahkannya melalui hopper. Karena muatan negatif pada gambar jauh lebih kuat daripada muatan negatif pada manik-manik, toner ditarik dari manik-manik ke drum. Kemudian, drum berguling ke kertas yang terisi, dan kertas mengambil toner. Kertas segera habis oleh kawat korona lain agar tidak lengket ke drum. Tetapi bahkan pada titik ini, toner hanya duduk di atas kertas. Ini hanya menjadi terikat setelah melewati rol fuser, melelehkan toner ke dalam kertas.

Pada suatu waktu, printer adalah satu dimensi – mereka dicetak dan itu saja. Sekarang, ada banyak printer All-In One di pasaran, yang memiliki kemampuan untuk mengirim faks, memindai, dan menyalin. Saat mencari untuk membeli, kemungkinan besar Anda akan melihat spesifikasi printer utama berikut.

Sumber : www.imaging.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *