Komputer Sering Panas dan Lambat? Begini Cara Mengatasinya

Apa yang harus dilakukan jika mesin Anda kepanasan
Setelah Anda menentukan bahwa komputer Anda, pada kenyataannya, terlalu panas, Anda perlu mencari tahu alasannya. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum, dan cara memperbaikinya.

Pastikan kipas bekerja.
“Jika awalnya tidak panas, dan sekarang sudah mulai panas,” kata Silverman, “letakkan tanganmu di dekat kisi-kisi kipas angin dan rasakan getarannya, untuk melihat apakah kipas itu berfungsi.” Jika kipas Anda rusak, maka itu tidak akan menghilangkan panas itu. Anda harus menghubungi seorang profesional yang dapat menggantinya.

Membersihkan debu.
“Debu kecil, puing-puing, dan pecahan makanan dapat menemukan jalan mereka melalui saluran dan memperbesar situasi,” kata Silverman. Dia merekomendasikan untuk mengambil sekaleng udara bertekanan dan menggunakannya untuk membersihkan kisi-kisi kipas angin. “Cobalah untuk memiringkan nozzle agar Anda mengeluarkan udara dari laptop.” Membersihkan gunk akan memungkinkan kipas untuk berlari dengan bebas sekali lagi.

Periksa lingkungan Anda.
Jika ada sesuatu yang menghalangi aliran udara di sekitar laptop Anda, itu bisa menyebabkan masalah Anda. “Jangan letakkan di tempat tidur – itu hal terburuk yang bisa kau lakukan,” kata Silverman. “Selimutnya hanya menahan jalan napas. Letakkan di atas meja datar, atau di atas buku datar agar udara bisa mengalir.” Beberapa kasing juga menghalangi aliran udara, jadi jika Anda memiliki kasing di bagian bawah laptop Anda, coba lepaskan. Lingkungan lain juga penting: Jika cuaca lebih panas dari 95 ° F, jangan gunakan komputer Anda di luar AC.

Gunakan baterai asli dan adaptor AC.
“Jika Anda mengganti baterai Anda dengan baterai bekas dari Ebay atau Amazon, Anda akan mengalami masalah,” kata Silverman. “Mereka tidak dikemas dengan cara yang sama seperti aslinya, jadi panas cenderung lebih panas pada kontak. Jangan berhemat pada baterai. Hal-hal buruk akan terjadi.”

Perbarui perangkat lunak Anda.
Ini jarang terjadi, tetapi kadang-kadang, masalah perangkat lunak dan firmware dapat menyebabkan panas berlebih. Faktanya, ini baru saja terjadi pada MacBook terbaru Apple: Mereka secara termal mencekik dalam kondisi yang tampaknya normal sampai pembaruan peranti lunak baru-baru ini memperbaiki masalah tersebut.
Jika tidak ada saran yang menggambarkan situasi Anda, atau perbaikan yang dijelaskan tidak membantu, Anda memiliki dua opsi: Buka komputer atau hubungi profesional. Kami merekomendasikan solusi terakhir. Sebuah bengkel dapat melakukan pembersihan yang lebih menyeluruh dengan alat-alat khusus, dan seorang ahli mungkin dapat mendiagnosis masalah perangkat keras lain yang lebih spesifik.

Sumber : https://www.popsci.com/prevent-computer-overheating/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *