Hati Hati Overclock CPU, Ini Cara yang Benar

Berikut adalah lima langkah mudah untuk melakukan overclocking CPU Anda:

LANGKAH 1: PERSIAPAN
Meng-overclocking CPU Anda untuk pertama kali bisa menakutkan, tetapi sebenarnya tidak terlalu buruk. Ada beberapa langkah pengamanan yang terpasang pada pengaturan motherboard dan CPU Anda yang dirancang untuk membantu melindungi komponen. Namun, masih ada langkah-langkah tambahan yang dapat Anda ambil untuk memastikan overclock yang aman dan efektif.

Pertama dan terpenting, beli pendingin CPU aftermarket! Bahkan pendingin udara entry level dapat secara signifikan meningkatkan suhu CPU Anda. Melangkah lebih jauh dengan pendingin air all-in-one seperti Kraken X41 atau Kraken X61 akan benar-benar memungkinkan Anda untuk mendorong CPU Anda hingga batasnya. Selanjutnya, pastikan Anda melakukan bacaan tambahan pada CPU dan motherboard spesifik Anda sehingga Anda memiliki ide tentang apa yang diharapkan untuk langkah selanjutnya.

LANGKAH 2: SESUAIKAN PENGGANDA CPU
Ada dua cara bagi Anda untuk meningkatkan kecepatan jam CPU Anda (Core Frequency). Karena kecepatan jam Anda pada dasarnya ditentukan oleh Frekuensi Dasar CPU x Pengganda CPU, meningkatkan nilai mana pun akan menghasilkan Frekuensi Inti yang lebih tinggi. Untuk panduan ini, kita akan pergi dengan rute yang lebih sederhana yang menyesuaikan pengganda CPU. Ini mengharuskan Anda untuk memiliki CPU dengan pengganda yang tidak dikunci. (Biasanya dilambangkan dengan K atau X di akhir nama prosesor, seperti i7-4790K atau i7-3970X)

Langkah pertama adalah masuk ke pengaturan BIOS. Ini biasanya dilakukan dengan menekan “DEL” saat komputer dinyalakan, tetapi dapat bervariasi tergantung pada pabrikan motherboard Anda. Arahkan ke pengaturan frekuensi lanjutan (kadang-kadang disebut “sistem tuning” atau “pengaturan overclock”) untuk melihat Pengganda CPU (kadang-kadang disebut Rasio Jam CPU) dan Frekuensi Dasar. Konsultasikan manual motherboard Anda jika Anda mengalami kesulitan menemukan pengaturan, karena masing-masing produsen memiliki nama menu yang unik.

LANGKAH 3: UJI STABILITAS
Meskipun komputer Anda dapat boot dengan aman ke Windows setelah meningkatkan pengganda Anda, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah overclock Anda stabil adalah dengan melakukan tes stres. Ada beberapa pilihan hebat di luar sana, tetapi Prime95 yang sangat sederhana adalah perangkat lunak pilihan kami untuk menguji stres CPU Anda. Anda juga ingin menggunakan perangkat lunak pemantauan seperti CAM untuk mengawasi suhu CPU Anda dan untuk mengonfirmasi peningkatan kecepatan clock. Pencarian google sederhana dengan CPU dan Pendingin CPU Anda akan membantu Anda menentukan suhu CPU “aman” dan tipikal.

Buka Prime95 dan jalankan “tes penyiksaan” dengan pengaturan default untuk tes stres komprehensif pada CPU Anda. Kami ingin tetap menjalankan ini setidaknya selama beberapa jam untuk mereplikasi lingkungan stres dari sesi permainan khas. Jika tes ini berhasil dan komputer Anda tidak crash atau menerima BSOD yang menakutkan (layar biru kematian), itu berarti Anda mungkin dapat mencoba meningkatkan pengganda CPU Anda lebih jauh. Ulangi langkah-langkah ini sebanyak yang diperlukan untuk menemukan pengganda CPU optimal Anda. Setelah Anda mulai mengalami ketidakstabilan, (suhu, kesalahan, crash, atau BSOD CPU yang tidak aman selama pengujian), Anda mungkin dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

LANGKAH 4: MENINGKATKAN TEGANGAN ANDA
Jika komputer Anda gagal dalam tes stres karena alasan apa pun selain kepanasan, CPU Anda mungkin tidak menerima daya yang cukup untuk mempertahankan kecepatan clock yang meningkat. Salah satu cara untuk memperbaiki ini adalah dengan menaikkan Vcore CPU (Core Voltage). Kembali ke pengaturan BIOS dan arahkan ke “Pengaturan Tegangan”. Ini mungkin atau mungkin bukan menu yang terpisah dari pengaturan frekuensi yang kami kunjungi sebelumnya.

Tingkatkan nilai Vcore CPU dengan peningkatan sangat kecil (0,03 hingga 0,05) untuk menambah voltase untuk CPU Anda. Harap dicatat bahwa meningkatkan tegangan CPU pasti akan meningkatkan suhu CPU Anda: itulah sebabnya kami tidak menyarankan mendorong overclock Anda lebih lanjut jika Anda mengalami masalah dengan CPU yang terlalu panas. Setelah Anda meningkatkan voltase, simpan pengaturan Anda dan reboot ke windows. Ulangi pengujian stres Anda dari langkah sebelumnya.

LANGKAH 5: ULANGI SEBAGAI PERLU
Sekarang setelah Anda membiasakan diri dengan menyesuaikan pengganda CPU, voltase CPU dan pengujian stres, Anda dapat mengulangi proses ini beberapa kali untuk menemukan overclock maksimum yang dapat dicapai dengan pengaturan Anda saat ini. Tentu saja, meningkatkan pendingin CPU Anda akan membantu Anda mendorong lebih banyak hal. Meskipun tergoda untuk melompat ke pengganda dan voltase pengguna lain dengan perangkat keras yang sama, perlu diingat bahwa setiap sistem melakukan overclocks secara berbeda dan apa yang berfungsi untuk satu orang mungkin tidak bekerja untuk Anda. Untuk mencegah kemungkinan kerusakan pada komponen Anda, ikuti rute yang aman dan sesuaikan pengali dan voltase Anda dengan hemat dan bersabarlah dengan pengujian stres Anda. Setelah Anda akhirnya puas dengan kecepatan jam Anda yang baru, berikan sistem Anda satu tes stres akhir. Kali ini, biarkan semalaman untuk memastikan.

Sementara sifat berulang pengujian stabilitas bisa rumit, hadiah overclock yang stabil bisa sangat memuaskan. Ketika dilakukan dengan benar, overclocking adalah cara yang aman dan efektif untuk mendapatkan nilai terbaik dari komponen Anda. Bahkan jika itu hanya perubahan kecil, Anda akan senang mengetahui komputer Anda sedikit lebih cepat berkat kerja keras Anda.

Punya pertanyaan atau butuh bantuan dengan sistem pribadi Anda? Jangan ragu untuk menghubungi staf dukungan kami dan mereka akan dengan senang hati membantu Anda!

Sumber : https://blog.nzxt.com/5-easy-steps-to-overclocking-your-cpu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *