Bagaimana Cara Menyimpan Kartrid Tinta Agar Tidak Tersumbat atau Mengering

Mencegah tinta printer inkjet mengering
Di bawah ini adalah daftar rekomendasi untuk membantu mencegah tinta printer inkjet mengering.

Matikan printer saat tidak digunakan – Membiarkan printer hidup dapat mengeringkan tinta, pastikan setiap kali printer tidak digunakan dimatikan.

Matikan printer dengan benar – Saat mematikan dan menghidupkan printer, itu harus dilakukan dengan menggunakan tombol di bagian depan atau samping printer. Anda tidak harus mematikan dan menggunakan kabel listrik.

Cetak cerdas – Banyak orang mencetak sesuatu sebelum berpikir jika apa yang mereka cetak perlu dicetak. Pastikan apa yang Anda cetak perlu disimpan sebagai salinan. Misalnya, jika Anda mencetak daftar item yang akan dibawa, pikirkan tentang menyimpannya sebagai salinan digital di ponsel cerdas atau tablet Anda.

Batas pencetakan gambar – Gambar mengambil paling banyak tinta pada printer Anda. Jika Anda memiliki beberapa foto, pertimbangkan untuk menggunakan layanan cetak di toko lokal dan bukan printer rumah Anda.

Cetak hitam putih – Kecuali Anda membutuhkan warna, pastikan Anda mencetak hitam putih atau abu-abu. Sebagian besar printer inkjet memiliki lebih banyak tinta hitam daripada warna lain.

Cetak selektif – Sebagian besar program memungkinkan Anda untuk mencetak halaman tertentu atau secara selektif mencetak bagian dari suatu halaman. Misalnya, Anda dapat menyorot teks yang ingin Anda cetak di browser Internet dan tekan pintasan keyboard Ctrl + P dan pilih opsi untuk mencetak pilihan atau cetak selektif.

Mencetak dalam mode draft atau kualitas rendah – Jika Anda yakin Anda harus mencetak sesuatu lebih dari satu kali, cobalah mencetak dalam mode draft atau kualitas yang lebih rendah sebagai tes sebelum mencetak salinan akhir Anda. Juga, dengan menggunakan opsi pratinjau cetak, Anda dapat melihat bagaimana suatu dokumen muncul sebelum dicetak.

Jaga nozel printer tetap bersih – Tinta dapat mengering, dan menyebabkan sedikit penyumbatan pada nozel inkjet pada kepala printer Anda. Tetap bersih untuk meningkatkan kualitas cetak, dan mengurangi tinta yang terbuang. Lakukan printer pembersih sendiri secara teratur. Jika itu tidak membantu, Anda juga dapat mencoba menggunakan Q-Tip, sedikit dibasahi dengan alkohol, untuk membersihkan nozzle dengan lembut.

Sumber : https://www.computerhope.com/issues/ch001658.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *